Pemberdayaan Petani Lele Sangkuriang




Pemberdayaan Petani Lele Sangkuriang (TALES) merupakan salah satu program pendayagunaan ekonomi Dompet Dhuafa Kaltim yang ditujukan kepada petani ikan yang berada di daerah Gersik, Kab. Penajam Paser Utara dan di daerah Karang Joang, Kota Balikpapan dengan melakukan kegiatan usaha berupa budidaya lele sangkuriang. Petani ikan yang menjadi mitra untuk rintisan program ini adalah petani ikan yang pernah mengikuti Pelatihan Budidaya Lele Sangkuriang bersama  abah Nasrudin sebagai pelopor budidaya Lele Sangkuriang di Bogor dan ke depan diharapkan program TALES ini dapat menjangkau petani-petani ikan lainnya di seluruh wilayah Kalimantan Timur.
Petani ikan calon mitra adalah petani ikan yang masuk verifikasi sebagai mustahik (masyarakat dhuafa) yang mempunyai kemampuan untuk melakukan sebuah usaha tapi terbatas dalam permodalan dan pemasaran.  Dompet Dhuafa Kaltim memberikan perhatian dan wujud kepedulian kepada petani ikan yang kurang mampu dengan memberdayakan potensi yang mereka miliki sehingga mampu meningkatkan taraf kehidupan dan kesejahteraan mereka sebagai petani.
            Dalam program ini, para petani ikan diberi pendampingan mulai dari proses pembuatan kolam lele; cara pemeliharaan lele sampai dengan proses panen yang baik dan benar. Selain itu, para petani ikan diberi bantuan berupa benih lele; material kolam lele; serta pakan lele. Pemasaran penjualan ikan lele yang selama ini menjadi permasalahan bagi para petani ikan akan diupayakan Dompet Dhuafa Kaltim melalui kerjasama dengan warung makan yang membutuhkan supply ikan lele dalam jumlah banyak secara rutin. Diharapkan dengan konsep yang menyeluruh dan paripurna, program ini benar-benar mampu membantu peningkatan pendapatan petani ikan sehingga kesejahteraan hidup mereka menjadi lebih baik, selain itu, kebutuhan konsumsi masyarakat akan Lele Sangkuriang dapat terpenuhi setiap saat.